Desa Kerajinan Tanah Liat Kasongan, Tempat Wisata Edukasi

Berwisata di Yogyakarta tidak hanya sekedar ke pantai atau di tempat-tempat hiburan lainnya, anda bisa saja mengunjungi tempat-tempat lain di Yogya seperti wisata edukasi kasongan. Tempat ini merupakan sebuah desa wisata yang mengunggulkan hasil kerajinan tangan dari tanah liat khas dari kasongan. Ada banyak sekali ragam hasil kerajinan tanah liat yang ada di kasongan ini. Tempat wisata ini memberikan wawasan yang lebih banyak daripada jika anda berwisata di tempat hiburan. Kasongan mengalami kemajuan sejak tahun 1971 dan kemudian Kasongan menjadi nama brand tersendiri yang seakan khusus membuat beragam kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat. Ada banyak sekali hasil kerajinan tangan yang dihasilkan dari kasongan ini.

Dalam sejarah tercatat bahwa desa Kasongan ini bermula dari kematian seekor kuda yang dimiliki oleh reserse belanda yang kala itu menjajah di persawahan warga. Karena sang pemilik tanah takut akan dijatuhi hukuman, maka sang pemilik tanah melepaskan kepemilikan tanahnya dengan diikuti beberapa warga lainnya karena juga takut akan dijatuhi hukuman. Tanah persawahan tersebut kemudian diakui oleh penduduk lain sehingga warga yang melepaskan tanah tadi tidak memiliki sawah lagi dan kemudian menemukan tanah liat yang dapat diolah menjadi keras dan dapat dibentuk menjadi perkakas dapur. Mulai itulah kasongan menjadi penghasil kerajinan gerabah.

Kasongan – Penghasil Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat Yang Menakjubkan

Desa wisata kasongan ini memproduksi bermacam-macam produk, salah satunya adalah guci yang bermotif unik. Motifnya kurang lebih menggunakan motif burung merak, naga, mawar dan lainnya. Selain guci, kasongan juga memproduksi aneka pigura, souvenir, hiasan dinding dan lain sebagainya. Kerajinan tangan dari tanah liat disini memang sudah menjadi mendunia karena kasongan juga mengekspor produknya hingga ke Amerika dan Eropa.

Selain produksi, Kasongan juga menerima wisatawan-wisatawan yang datang berkunjung. Wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke kasongan dapat melihat proses pembuatan kerajinan tanah liat yang sedang dibuat.

Desa wisata Kasongan ini berlokasi di Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta maka anda dapat langsung ke selatan menuju ke perempatan Dongkelan, kemudian keselatan terus hingga mendapati gapura kasongan di barat jalan.

Nilai post ini

Recent Posts

  • Tips

Imbas Covid-19 Terhadap Pariwisata DI Yogyakarta

Virus covid-19 telah melanda di berbagai belahan dunia begitupun di Indonesia. Penyebaran virus yang semakin…

  • Tips

Hati-hati Dengan Paket Umroh Murah yang Berlebihan

Perjalanan umroh merupakan ibadah yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain waktu pelaksanaan yang fleksibel,…

  • Wisata Air

Danau Lemona, Tempat Wisata Kuliner Favorit di Tasikmalaya

Danau Lemona merupakan tempat wisata kuliner di Tasikmalaya yang saat ini tengah populer. Maka dari…

  • Tips

Ketahui Rute Lokasi Wisata Goa Pindul Gunung Kidul

Menikmati Cave Tubing memang sangat menyenangkan. Akan tetapi rata – rata orang menikmati cave tubing…

  • Pantai

Ini Pesona Alam Wisata Pantai Kukup di Yogyakarta yang Ciamik

Yogya yang semula terkenal dengan wisata candinya dan sekarang juga terkenal dengan wisata pantainya tak…

  • Gunung

Ketahui Rute dan Daya Tarik Wisata Gunung Putih di Bulungan, Kalimantan Utara

Ada banyak spot wisata terbaik yang sangat cocok untuk dinikmati di Indonesia. Salah satu destinasi…